Artikel Terbaru

Apa “Batu-Batu Besar” dalam Hidup Anda ???

Seorang pakar manajemen waktu sedang berbicara kepada sebuah kelas mahasiswa bisnis muda dan ambisius. Untuk menyampaikan suatu pokok piki...

Seorang pakar manajemen waktu sedang berbicara kepada sebuah kelas mahasiswa bisnis muda dan ambisius. Untuk menyampaikan suatu pokok pikiran, dia menggunakan ilustrasi yang tidak akan pernah mereka lupakan. Sambil berdiri di depan kelompok itu, dia berujar, “Ok, waktu untuk kuis”.

Dia mengeluarkan sebuah botol bermulut lebar berukuran 1 galon, dan meletakkannya di atas meja di depannya. Lalu dia mengeluarkan kira-kira 12 batu sebesar kepalan tangan dan dengan hati-hati memasukkannya sekaligus ke dalam botol. Ketika botol itu terisi sampai ke atas dan tidak ada batu lagi yang bisa masuk kedalamnya, dia bertanya, “Apakah botol ini penuh??” setiap orang dalam kelas itu menjawab “Ya”.
Kemudian dia bertanya, “Benarkah??” dia mengulurkan tangannya ke bawah meja dan mengeluarkan seember kerikil ke dalam botol dan mengocok botol itu, menyebabakan butiran-butiran kerikil bekerja sendiri turun masuk ke sela-sela diantara batu-batu besar itu.

Lalu dia bertanya kepada kelompok mahasiswa itu lagi, “Apakah botol ini penuh??” saat itu perhatian seluruh mahasiswa terpusat padanya, “Mungkin tidak,” jawab salah seorang dari mereka. “Bagus !! “jawabnya. Dia mengulurkan tanganya ke bawah meja dan mengeluarkan seember pasir. Dia mulai menumpahkan pasirnya ke dalam botol, dan pasir itu memenuhi semua ruang yang tersisa di antara batu-batu dan kerikil itu.
Sekali lagi dia mengajukan pertanyaan, “Apakah botol ini penuh ?????. Tidaaaaaak !!!!! teriak seluruh mahasiswa di kelas itu. Sekali lagi katanya, “Bagus!!”, lalu dia mengambil sekendi air dan mulai menuangkannya ke dalam botol itu terisi hingga ke tepi mulut botol.

Kemudian dia memandang kelas itu dan bertanya, :Apa maksud dari ilustrasi ini ?????? Seorang mahasiswa yang rajin dan bersemangat mengangkat tangan dan berkata, “Maksudnya adalah, seberapapun penuhnya jadwal anda, jika anda mencoba dengan sungguh-sungguh keras, anda selalu bisa memasukkan beberapa hal ke dalamnya”. “BUKAN”, jawab si pembicara, “Bukan itu maksudnya, kebenaran yang di ajarkan ilustrasi tadi kepada kita adalah, kalau anda tidak memasukkan batu-batu yang lebih besar terlebih dahulu, anda tak akan pernah membuat semuanya masuk.”

“Saya ingin kalian memahami bahwa botol ini mewakili kehidupanmu. Batu-batu ini adalah hal penting dalam hidupmu, apakah agamamu, kesehatanmu, keluargamu, bisnismu dan hal yang teramat penting dalam hidupmu yang jika segala sesuatu Anda hilang dan hanya mereka batu-batu besar yang ada, hidup Anda akan tetap penuh. Adapun kerikil adalah hal-hal lain yang penting seperti rumah Anda, kendaraan Anda, sedangkan pasir adalah segala sesuatu yang lain, yang merupakan hal-hal kecil dalam kehidupan", jelasnya.
Jika Anda menempatkan pasir ke dalam botol untuk pertama kali, maka hanya sedikit atau bahkan tidak ada ruang untuk kerikil dan batu. Hal yang sama berlaku untuk hidup Anda. Jika Anda menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda pada hal-hal kecil, Anda tidak akan pernah memiliki ruang untuk hal-hal besar yang penting bagi Anda, maka perhatikan hal-hal yang sangat penting untuk kebahagiaan Anda.

Lantas Apakah BATU-BATU BESAR dalam hidup anda ????? Ingatlah untuk memasukkan batu-batu besar itu terlebih dahulu, atau Anda tidak akan pernah membuat semuanya masuk. Maka mulailah bertafakur pada malam atau pagi hari ketika anda merefleksikan cerita pendek ini, tanyakan pada diri anda sendiri : “Apakah BATU-BATU BESAR itu dalam hidup saya????? Lalu masukkan itu lebih dulu ke dalam “botol” Anda.
Dan jangan lupa prioritaskan waktu untuk ALLAH SWT sang pencipta yang memelihara Anda. Jagalah segala hal-hal besar yang teramat penting dalam hidup Anda, tetapkan hal itu menjadi sebuah prioritas untuk kehidupan Anda. Renungkan dan tentukanlah dengan benar BATU-BATU BESAR Anda dalam hidup di dunia yang hanya sekali-kalinya ini sebagai bekal kehidupan di akherat kelak yang abadi untuk selama-lamanya.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Islami,7,Kisah Sahabat,1,Komputer,4,Lirik,1,Motivasi,5,mp3 islami,2,Ramadhan,1,Renungan,7,Tugas,6,
ltr
item
Budi 4Shared: Apa “Batu-Batu Besar” dalam Hidup Anda ???
Apa “Batu-Batu Besar” dalam Hidup Anda ???
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIWTE82shmXYdy2m6cHOcFXoLEN6lojVFiJMEI6mnhEoTwRjKdK8emVCGmYU5UaUoS9yWjlIO8gWfc8J7FIMpB07xeNq7X1W5V3sklY96pOMn3cB5D6EURZcQOJZeXGqPrU5eWKOCI29nM/s1600/batu2.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIWTE82shmXYdy2m6cHOcFXoLEN6lojVFiJMEI6mnhEoTwRjKdK8emVCGmYU5UaUoS9yWjlIO8gWfc8J7FIMpB07xeNq7X1W5V3sklY96pOMn3cB5D6EURZcQOJZeXGqPrU5eWKOCI29nM/s72-c/batu2.jpg
Budi 4Shared
http://msbudi.blogspot.com/2014/03/apa-batu-batu-besar-dalam-hidup-anda.html
http://msbudi.blogspot.com/
http://msbudi.blogspot.com/
http://msbudi.blogspot.com/2014/03/apa-batu-batu-besar-dalam-hidup-anda.html
true
4379047234293115037
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy